Blog

Desember Sehat Bersama Leesy.id

Di masa pandemi dan karantina banyak waktu luang sehingga bisa melakukan berbagai aktifitas di masa pandemi. mulai memasuki desember ini tentunya harapan kita bisa sehat hingga nantinya bisa menyambut tahun baru dengan kondisi yang sehat.  Terlebih melakukan kegiatan di masa pandemi kurang efektif dan kurang tersusun rapih, sehingga banyak diantara kita melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. namun kali ini leesy ingin memberikan tips agar melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salahsatunya dengan melakukan kegiatan untuk menjaga imunitas tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama selama masa pandemi COVID-19:

1. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu diketahui dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Pilihlah olahraga yang sesuai kemampuan Anda dan mudah dilakukan selama masa pandemi, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

Jika ingin menghindari kerumunan, Anda juga bisa berolahraga di dalam rumah, misalnya melakukan senam, yoga, atau stretching.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Namun, utamakan makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Aneka makanan sehat yang bisa anda pilih antara lain adalah buah, sayuran, ikan, telur, susu, biji-bijian, serta kacang-kacangan, seperti kacang hijau, edamame, dan kedelai. Makanan lain, seperti seafood, keju, dan yoghurt, juga baik dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh.

3. Berjemur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah berjemur. Hasil studi menyebutkan bahwa sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, berjemurlah setidaknya 3 kali seminggu selama 10–15 menit, terutama pada pukul 09.00–10.00 pagi.

4. Beristirahat dengan cukup

Kualitas tidur sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat menjaga, bahkan memperkuat daya tahan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi waktu tidur sesuai dengan usia Anda. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam per hari, sementara remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8–10 jam per hari.

5. Mengonsumsi suplemen

Asupan gizi yang cukup memang diperlukan untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan kuman penyakit. Namun, bila nutrisi dari makanan tidak tercukupi, Anda perlu mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh, terutama yang mengandung vitamin C, Vitamin D, dan Echinacea.

Menurut penelitian, senyawa polisakarida dan glikoprotein yang ada di dalam Echinacea mampu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *